lempeng

lempeng

Blogumulus by Guembel ELite

Jam

salju

Minggu, 19 Februari 2012

Spongebob SquarePants

SpongeBob SquarePants

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
SpongeBob SquarePants
SpongeBob SquarePants.gif
Menurut arah jaruh jam dari kiri atas: Sandy Cheeks, SpongeBob SquarePants, Patrick Star, Mr. Krabs, Squidward Tentacles, dan Sheldon Plankton
Format Animasi komedi
Pembuat Stephen Hillenburg
Pemeran Tom Kenny
Bill Fagerbakke
Rodger Bumpass
Carolyn Lawrence
Clancy Brown
Lori Alan
Mary Jo Catlett
Doug Lawrence
Dee Bradley Baker
Sirena Irwin
Jill Talley
Negara  Amerika Serikat
Jumlah episode 292 (total) 152 (penuh)
Produksi
Lama waktu 30/11 menit
Siaran
Saluran asli Nickelodeon
Pertama tayang 1 Mei, 1999–sekarang
Pranala luar
Situs web resmi
Profil IMDb
Ringkasan TV.com
SpongeBob SquarePants adalah sebuah serial film animasi yang paling populer di Nickelodeon. Pada awalnya serial kartun ini ditayangkan pada tahun 1999 di Amerika Serikat dan dicipta oleh Stephen Hillenburg, seorang animator dan ahli biologi laut, dan diterbitkan oleh perusahaan beliau, United Plankton Pictures Inc. Seri kartun ini ditayangkan di Malaysia menerusi saluran Nickelodeon dan TV3, dan juga melalui saluran TV9 yang telah diterjemahkan ke dalam bahasa Melayu.
Di Indonesia serial ini dipopulerkan oleh Lativi (sekarang TvOne), kemudian hak tayang acara-acara yang diproduksi oleh Nickelodeon dibeli oleh Global TV. Kartun ini diciptakan oleh seorang ahli biologi laut dan animator Stephen Hillenburg dan lalu dirilis melalui perusahaannya United Plankton Pictures Inc. Serial ini settingnya berada di Samudra Pasifik di kota Bikini Bottom.

Daftar isi

Latar

Bikini Bottom
SpongeBob SquarePants ialah seekor spons yang tinggal dalam sebuah rumah nanas dalam laut di kota Bikini Bottom, manakala tetanggannya Squidward Tentacles ialah seekor gurita yang tinggal dalam rumah moai. Tetangga SpongeBob yang lain dan teman akrabnya, Patrick Star seekor bintang laut merah muda, tinggal di bawah sebuah batu. Rumah Squidward terletak di antara rumah Spongebob dan rumah Patrick, dan inilah yang meresahkan Squidward.
SpongeBob dan kawan-kawannya tinggal di kota Bikini Bottom dalam lautan Pasifik. Bikini Bottom dilihatkan sebagai sebuah kota biasa dengan pusat kota, pinggir kota, kawasan pantai, lapangan terbang, rangkaian bunga laut dan taman hiburan sendiri. Stephen Hillenburg pernah berkata bahawa Bikini Bottom direka lebih kurang berdasarkan kota Seattle, Washington.
Hewan peliharaan SpongeBob ialah seekor siput laut bernama Gary, yang "mengeong" seperti kucing. Meskipun tidak banyak berbicara (kecuali dalam beberapa episode), watak-watak lain kelihatan mampu memahaminya. Tambahan pula, cacing laut menyalak seperti anjing dan dirantai. Ubur-ubur disamakan dengan lebah; bunyi desas-desus, sengatan bisa (tetapi kelihatan seperti kejutan elektrik), dan menghasilkan "jeli" yang lezat, memperolok-olok nama "jellyfish" sambil membandingkan jeli dengan madu lebah. Ikan berperan sebagai warga kota tetapi tidak dijadikan tokoh penting.
SpongeBob SquarePants yang penyerap, kuning, dan berlubang ini, bekerja sebagai juru masak di Krusty Krab, sebuah restoran makanan cepat saji, dimana Squidward juga bekerja sebagai kasir. Krusty Krab dimiliki Eugene H. Krabs (Mr. Krabs). Sheldon J. Plankton adalah musuh bebuyutan Krabs yang memiliki sebuah restoran makanan cepat saji bertaraf rendah bernama Chum Bucket yang terletak berhadapan Krusty Krab. Chum Bucket seolah-olah tidak pernah dikunjungi pelanggan, dan Plankton meluangkan kebanyakan waktunya untuk merancang peralatan untuk mencuri resep burger Krabby Patty milik Mr. Krabs. Plankton hanya berhasil mencuri resep itu dalam The SpongeBob SquarePants Movie; formulanya tidak pernah diperlihatkan kepada penonton. Istri komputer Plankton, Karen, kadang-kala membantunya dalam rancangan jahatnya atau bertengkar dengannya.
Satu lagi kawan SpongeBob ialah Sandy Cheeks, seekor tupai yang berasal dari Texas dan tinggal di dalam kubah anti-air di Bikini Bottom. Dia diantar ke dalam lautan oleh majikan-majikannya yang berupa simpanse. Ketika di luar kubahnya, dia memakai baju seperti Astronot.
Penduduk Bikini Bottom mengendarai kapal seolah-olah mobil. SpongeBob masih belajar dalam sekolah mengemudi setelah sering sekali gagal dalam ujian mengemudi (ada 2 versi tentang ketidaklulusan ini, yaitu 58 kali (menurut episode "Drive to Tears") dan 1.000.006 kali (menurut episode "Mrs.Puff,you Fired")). Setiap pergerakan menghasilkan gelembung untuk mengingkatkan penonton bahawa cerita ini berlatarkan lautan. Namun begitu, terdapat babak-babak di mana terdapat selapisan air yang berasingan daripada air lautan (seperti adanya pantai) dan api bisa dinyalakan dalam lautan.

Watak

Tokoh utama Spongebob adalah sebuah spons laut berwarna kuning yang hidup bersama peliharaannya, Gary, seekor siput laut yang berperilaku sebagai kucing.
Spongebob tinggal bertetangga dengan sahabatnya Patrick, seekor bintang laut; dan tetangga yang selalu memusuhinya Squidward, seekor gurita yang tidak senang bersosialisasi, memiliki sifat penggerutu, dan hobi bermain klarinet.
Kelucuan-kelucuan dalam cerita serial ini bersumber dari perilaku sehari-hari Spongebob yang polos, optimis, selalu ceria, dan memiliki prasangka baik terhadap siapapun.
Terkadang perilaku ini membawa bencana, dimanfaatkan, atau terjadi salah paham kala disatukan dengan sifat-sifat mahluk lain yang tinggal di Bikini Bottom.

Tokoh

  • SpongeBob SquarePants - tokoh utama dalam kartun ini yang berbentuk spon berwarna kuning. Spongebob tinggal di dalam rumah berbentuk nanas di dalam laut. Dia juga memelihara seekor siput yang bernama Gary. Merupakan koki di Krusty Krab yang terkenal dengan makanannya Krabby Patty.
  • Squidward Tentacles - seekor gurita yang tinggal di dalam kepala Pulau Easter. Sangat benci pada Spongebob dan Patrick yang suka mengganggunya. Dia mempunyai seorang saingan yang juga seekor gurita bernama Squilliam Fancyson. Merupakan kasir di Krusty Krab yang pemalas, sangat menyukai dansa, dan sempat pindah rumah karena rumahnya dihancurkan Spongebob dan Patrick di salah satu episode.
  • Patrick Star - Teman akrab Spongebob yang berbentuk Bintang laut. Patrick tinggal di bawah batu. Patrick merupakan penduduk paling bodoh di Bikini Bottom.
  • Eugene H. Krabs (Tuan Krabs) - pemilik restoran Krusty Krab yang hanya memikirkan soal uang (dia dikatakan sangat serakah dan pelit). Spongebob dan Squidward bekerja kepadanya.
  • Sandy Cheeks (Sandy si Tupai) - seekor tupai yang tinggal di dalam laut. Sandy menyukai karate, dikatakan suka meminum saus yang amat pedas dan juga aksi-aksi "stunt". Nama asli Sandy adalah Sandra "Sandy" Cheeks. Dia tinggal di sebuah kubah anti-air yang mempunyai sebatang pohon besar.
  • Gary - Seekor siput peliharaan Spongebob. Berbunyi seperti kucing dan merupakan siput yang bijak. Tidak suka kepada Squidward.
  • Sheldon J. Plankton - pemilik restoran Chum Bucket. Amat terobsesi dengan Krabby Patty sehingga sanggup mencuri resepnya (tapi tak pernah menang).
  • Larry Lobster - seekor udang karang yang sangat kuat. Kerap kali dapat dilihat di Goo Lagoon.
  • Pearl Krabs - seekor ikan paus yang merupakan anak Mr. Krabs. Amat menyukai hiburan dan berumur 16 tahun dalam episode "Whale of a Bhirtday".
  • Mermaid Man - merupakan salah seorang pahlawan super (yang sudah tua) di Bikini Bottom.
  • Barnacle Boy - Teman Mermaidman dan kurang menyukai Spongebob (dan juga gelarannya yang mengandungi "boy", padahal sudah cukup tua seperti Mermaidman).
  • Dirty Bubble - partner dari Man Ray. Merupakan musuh dari Mermaid Man dan Barnacle Boy. Wujudnya seperti Gelembung udara berwarna Cokelat.
  • Man Ray* - Merupakan Musuh terbesar dari Mermaid Man dan Barnacle Boy. Bentuk tubuh dan Wujudnya seperti Ultraman.

Tempat dalam seri SpongeBob

  • Bikini Bottom - Kota utama di seri ini
  • Bikini Bottomshire - Nama Bikini Bottom pada abad pertengahan, daerah ini dikuasai oleh Raja Krab, yang merupakan rival dari penyihir Planktonamor.
  • Goo Lagoon (Laguna Goo) - Sebuah pantai di Bikini Bottom yang sering dikunjungi Spongebob dan teman-teman.
  • Rock Bottom - Sebuah tempat di luar Bikini Bottom yang didiami ikan-ikan aneh.
  • K-Blub - Salah satu stasiun radio di Bikini Bottom.
  • Sea Needle (Jarum Laut) - Bangunan tinggi yang juga parodi dari bangunan Space Needle di Seattle
  • Shell City (Kota Kerang) - Merupakan toko cenderamata yang terletak di darat. (hanya muncul dalam film The SpongeBob SquarePants Movie)
  • Jellyfish Fields (Padang Ubur-Ubur) - Tempat berburu Ubur-ubur. Spongebob dan Patrick seringkali datang ke tempat ini.
  • Krusty Krab - Restoran cepat saji di mana Spongebob dan Squidward berkerja. Krusty Krab menjual makanan paling disukai selautan yakni Krabby Patty yang seperti burger.
  • Discount Grocery Mart (Toko Kelontong Diskon) - Minimarket yang biasa memberikan potongan harga.
  • Shady Shoals - panti jompo yang di tinggali Mermaid Man dan Barnacle Boy setelah pensiun.
  • Fancy!(Indah!) - Restoran bintang lima, dimana Spongebob pernah bekerja disini di salah satu episode, yaitu "Le Big Switch" dan muncul dalam bebrapa episode lain.
  • Glove World (Dunia Sarung Tangan) - taman hiburan di Bikini Bottom. Tempat bermain Spongebob dan Patrick sebelum ke Rock Bottom. Juga pernah muncul sebagai tempat Pukulan Berapi Menyakitkan, sebuah roller coaster yang lebih besar dari Gunung Everest, lebih cepat dari Cheetah, dan lebih menyakitkan dari fitnah, yang direncanakan SpongeBob dan Patrick naiki dalam episode Roller Cowards.
  • Chum Bucket - Rumah makan dimana Plankton menyusun rencana jahatnya dan tinggal bersama Karen. Selalu kosong tanpa pengunjung.
  • New Kelp City (Kota Kelp Baru) - Kota dimana Spongebob menjadi walikota dan namanya berubah menjadi CheeseHead BrownPants.
  • Residents' Row (Baris Penduduk) -Tempat tinggal Patrick, Squidward & SpongeBob
  • Loker Davy Jones - Tempat dimana orang yang memiliki sifat yang tidak baik, tempat yang penuh dengan kaus kaki.
  • Fast Food Coliseum (Koliseum Makanan Cepat Saji) - Tempat para koki untuk mengikuti kejuaraan masak tahunan.
  • Barg 'n Mart - Tempat para warga Bikini Bottom berbelanja.
  • Diner - Sebuah restoran yang muncul di beberapa episode yaitu Chocolate With Nuts, Mermaid Man & Barnacle Boy II,& Missing Identity
  • Oyster Stadium (Stadion Kerang) - Tempat tiram & tempat Pertandingan siput. Terletak di Kebun Binatang Bikini Bottom
  • Mrs. Puff Boating School (Sekolah Mengemudi Ny. Puff) - Tempat SpongeBob belajar mengemudi, di sekolah ini SpongeBob tak pernah lulus ujian mengemudi.
  • Palace of Pranks (Istana Jahil) - Toko yang menjual barang barang jahil/mainan
  • Dead Eye Gulch - Bikini Bottom pada zaman koboi
  • Planktopolis - Bikini Bottom dalam keadaan dikuasai oleh Plankton (hanya muncul dalam film The SpongeBob SquarePants Movie)
  • Bubble Bowl - Tempat drum band Bikini Bottom milik Squidward tampil, biasanya tampil diatas permukaan laut.
  • Martha's Craft Zone - Toko cinderamata yang pernah dikunjungi oleh Gary dan pemilik barunya.
  • Krusty Tower (Menara Krusty) - Krusty Krab berbentuk menara : salah satu bentuk bisnis Tn. Krabs yang akhirnya hancur
  • Cephalopod Lodge (Pondok Cephalopoda) - Tempat upacara suci para marga Tentacles, Squidward diusir dari tempat ini, karena ulah kacau SpongeBob dan Patrick.
  • Casa De Sponge - Rumah nanas Spongebob.
  • Mall - Tempat gaul para remaja kebanyakan, mal di Bikini Bottom.
  • The Wash - Salah satu destinasi dalam pesta Spongebob, Patrick, dan Tn. Krabs.
  • Boot Hills (Bukit Boot) - Makam para sheriff Dead Eye Gulch yang dibuat karena Old Dead Tree Hill sudah penuh.
  • Old Dead Tree Hill (Bukit Pohon Mati Tua) - Makam sheriff Dead Eye Gulch yang sudah penuh.
  • Tentacle Acres (Hektar Tentacles) - Deretan tempat tinggal marga dan berjenis Tentacles, terisolasi bagi yang bukan warga tidak berjenis Tentacles.
  • Bakery - Toko roti enak di pinggiran Bikini Bottom.
  • Noses 'n Things (Hidung dan apapun) - Tempat operasi hidung : Patrick pernah membuat hidung disini.
  • Big Shot Records - Perusahaan rekaman Bikini Bottom.
  • Kelp Forest - Hutan yang ada di pinggiran Bikini Bottom, muncul di episode Club SpongeBob dan beberapa episode lainnya
  • Mermalair - Markas Mermaid Man dan Barnacle Boy
  • Bikini Bottom Jail - Penjara di Bikini Bottom
  • Bikini Bottom Hospital - Rumah sakit di Bikini Bottom
  • Bikini Bottom Dump - Tempat sampah di Bikini Bottom
  • Bikini Atoll (Atol Bikini) - Sebuah pulau di darat yang dekat dengan Bikini Bottom dan hampir selalu muncul di seluruh episode.
  • Atlantis - Rumah Raja Neptunus. Di episode Atlantis SquarePantis, SpongeBob, Patrick, Squidward, Mr. Krabs, Sandy, dan Plankton pergi ke sana
  • Brain Coral Fields (Lap. Isi Otak) - Tempat benda yang SpongeBob kira kepala Patrick.
  • Jalan Keong - Jalan yang merupakan tempat rumah SpongeBob, Patrick, dan Squidward, Krusty Krab, dan Chum Bucket
  • Shelly Super Highway(Jalan Tol Super Shelly, disingkat JTSS) - Sebuah jalan yang muncul dalam episode SpongeBob's Last Stand, bagian dari rencana jahat Plankton
  • Reef Cinema - Bioskop di Bikini Bottom

Produk dalam serial SpongeBob

  • Krabby Patty - Makanan yang disukai oleh warga Bikini Bottom, Plankton selalu berusaha mencuri resep rahasianya (tapi tidak pernah berhasil).
  • Kelp-O - Sereal yang selalu menjadi menu sarapannya SpongeBob.
  • Sea Nuts - Kacang laut yang berbentuk seperti kacang pada umumnya.
  • Invisible Boat Mobile - mobil yang selalu dipakai oleh Mermaid Man dan Barnacle Boy,yang transparan.
  • Bikini Bottom Phonebook - buku telpon yang pernah diisi oleh iklannya Chum Bucket
  • Fancy Living Digest - majalah yang memandu cara menjadi kaya dalam waktu yang singkat
  • Kelp Shake - Minuman enak yang pernah dijual di Bikini Bottom, belakangan diketahui bahwa produk ini mengandung zat radioaktif.
  • Nachos - Kentang yang menjadi makanan preman siput pada episode "Have You Seen This Snail ?"
  • Ol'Reliable - Jaring ubur-ubur yang pernah dipakai Spongebob
  • Spat si Spatula - Spatula yang selalu digunakan Spongebob untuk memasak Krabby Patty.
  • 'Sauce Tartar - Saus tartar adalah produk saus yang berefek seperti asam yang berbahaya
  • Sauce Volcano - Saus extra pedas
  • Mangkuk Gary - Mangkuk untuk sarapan Gary.
  • Snail-Po - Makanan Gary
  • Bucket-Head - Topi yang digunakan Plankton untuk mengendalikan semua warga Bikini Bottom, termasuk raja Neptunus dan kecuali Mr.Krabs, Spongebob, dan Patrick (hanya muncul dalam film SpongeBob the Movie)
  • Invisible Spray - Semprotan jahil milik SpongeBob dan Patrick : pernah menjadi 'hantu' dalam memakai benda ini.
  • Exploded Gum - Permen karet yang menyebabkan kepala bisa meledak (yang pernah Patrick makan dan dibayar seharga $1).
  • Chum Stick - Chum Plankton yang berbentuk stick, pernah laris satu kali, setelah itu diprotes oleh pelanggan dalam satu episode. Salah satu menu Chum Bucket.
  • Baby Powder (Bubuk Bayi) - Bedak bayi bahan terakhir untuk pembuatan gas bayi milik Plankton.
  • Night Light - Lampu tidur : SpongeBob menggunakannya karena alasan tidak bisa tidur.
  • Krust - Odol yang pernah membuat mata SpongeBob menghitam.
  • Jelly Patty - Krabby Patty dengan selai ubur-ubur
  • Krabby Kronicle - Koran dari Krusty Krab
  • Monster Krabby Patty - Krabby Patty dengan ukuran ekstra. Spongebob pernah mematahkan spatulanya (Spat) saat memasak menu ini.
  • Gas Bayi - Senjata Plankton yang bisa membuat orang menjadi bayi untuk mengambil resep rahasia Krabby Patty.
  • Gas Manula - Gas bayi Plankton yang gagal dan menjadikan orang yang disemprot menjadi manula.

Binatang yang ada di Bikini Bottom

  • Alaskan Big Worm Monster cacing raksasa dari Alaska yang senang memakan apa saja
  • Sea Bear Monster berwajah beruang dan perawakannya seperti ikan besar, monster besar yang pernah muncul di majalah-majalah fiksi Bikini Bottom
  • Sea Rhino Monster berwajah badak dan perawakannya seperti badak yang memiliki sirip
  • Nematoda Cacing kecil yang hidup berkelompok dan seperti parasit
  • Ubur-ubur Binatang yang pada umumnya berwarna pink, dan sering ditangkap oleh Spongebob, populasinya sekitar 1 juta ubur-ubur dan tinggal di Jellyfish Fields.

Produksi

SpongeBob Squareants pada awalnya digunakan sebagai animasi tradisional pada musim pertamanya.[1] Dan selanjutnya, proses yang lebih lanjut dari cat dan tinta digital digunakan dari musim yang kedua dan sampai seterusnya.[1]

Staff

Direktur dan penulis Dan Povenmire yang menggantikan Hillenburg di Rocko's Modern Life.[2]
Beberapa anggota asli Spongebob sebelumnya bekerja dengan Hillenburg terpasang Rocko's Modern Life, termasuk Dan Povenmire.

Para Aktor

Tom Kenny merupakan pengisi suara SpongeBob SquarePants,[3] binatang kesayangannya Gary, Seorang Narator yang berasal dari Prancis, Patchy si bajak laut, dan Harold SquarePants.
Bill Fagerbakke menjadi pengisi suara Patrick.
Clancy Brown menjadi pengisi suara Mr. Krabs.
Rodger Bummpas menjadi pengisi suara Squidward
Doug Lawrence menjadi pengisi suara Plankton dan Larry Lobster
Carolyvn Lawreance menjadi pengisi suara Sandy
Dee Bradley Baker menjadi pengisi suara Bubble Bass, Squiliam Fancyson, kakek Mr. Krabs Grandpa RedBeard, Goerge the Zebra, What Zit Tooya, dan Le Spatula
Lori Alan menjadi pengisi suara anak Mr. Krabs, Pearl Krabs.
Stephen Hillenburg yang juga pembuat film SpongeBob SquarePants menjadi pengisi suara Potty
John Di Maggio menjadi pengisi suara BlackJack SquarePants
Mary Jo Catlett menjadi pengisi suara Mrs. Puff
Jill Talley menjadi pengisi suara Karen
Sirena Irwin menjadi pengisi suara Mrs. SquarePants dan Mama Krabs
Garnett Sailor menjadi pengisi suara Uncle Kevin Lawn
Brian Doyle-Murray menjadi pengisi suara Flying Dutchman
Christopher Guest menjadi pengisi suara Stanley S. SquarePants

Popularitas

SpongeBob SquarePants merupakan satu-satunya kartun untuk memasuki senarai 10 Teratas secara konsisten dalam pemeringkatan Nielsen, dan menurut pihak Nickelodeon, Nickelodeon cartoon "berbujet rendah" pertama yang menjadi amat popular. Kartun berbujet rendah tidak banyak meraih penghargaan sebanyak rancangan berbujet tinggi seperti Rugrats, namun semenjak muncul di kaca TV pada tahun 1999, SpongeBob meraih bilangan penonton yang cukup dalam peringkatan agar dianggap popular, maka menjadi lebih popular berbanding Rugrats. SpongeBob mengikuti rancangan Nickelodeon lain yang menarik penonton lebih "matang": The Ren & Stimpy Show, Rocko's Modern Life, skit-skit Kablam!, Action League Now! dan The Angry Beavers. Rancangan-rancangan lain turut mengikuti trend ini: Invader Zim dan The Fairly OddParents meraih bilangan peminat yang serupa pada tahun 2001, dan OddPatents hanya di tempat kedua selepas SpongeBob dari segi kelarisan, manakala Zim menarik pengikutan kultus[rujukan?]. Rancangan ini mula pada tahun 1999, dan ketika itu, Pokémon masih menjadi kegilaan yang terbesar. SpongeBob tidak meningkatkan popularitinya sehingga tahun 2000, dan semenjak itu kekal popular sehingga ke hari ini. SpongeBob dimumkan akan memproduksi musim ke-9 yang membuat mereka menjadi seri Nickelodeon pertama yang melewati angka 200 jumlah episodenya karena musim ini menaikkan jumlah episodenya menjadi 204.[4]

Tarikan meluas

SpongeBob adalah salah satu daripada banyak seri kartun yang direka untuk menarik penonton dewasa dan kanak-kanak. Ini mungkin banyak berkaitan dengan gambaran kehidupan dan keadaan dalam air yang aneh, dan penggunaan situasi, sentuhan dan istilah yang sukar difahami penonton yang lebih muda. Terdapat juga senario ironis rumit yang memerlukan perhatian teliti.
Sebahagian tarikan rancangan ini berkait rapat dengan sifat kekanak-kanakan SpongeBob dan sahabat karibnya, Patrick Star, yang kedua-duanya berusia dewasa tetapi menunjukkan sifat kelurusan kanak-kanak manusia. Namun, tokoh-tokoh ini tidak terkecuali daripada kegiatan yang lebih bersifat dewasa, seperti kepujanggan rock dalam persembahan stadium, atau Patrick meminta SpongeBob beranak lagi setelah mengambil seekor kapis bayi di bawah jagaan mereka.
Rancangan ini menjadi popular dengan penonton remaja dan dewasa sehingga seri ini disiarkan di MTV dan ditampilkan dalam Spike TV. The SpongeBob SquarePants Movie yang dikeluarkan pada 19 November 2004, menyaksikan penampilan istimewa oleh David Hasselhoff, dalam satu babak ajukan peranan beliau dari seri TV Baywatch.

Penghargaan

Di bawah ini adalah penghargaan-penghargaan yang pernah diraih kartun SpongeBob SquarePants:
Anugerah Annie
Terbitan Televiysen Animasi Terbaik (2005)
Pengarangan Terbaik dalam Terbitan Televisyen Animasi (2006)
Kids' Choice Awards
Kartun Terbaik (2003, 2004, 2005, 2006, 2007)
Television Critics Association Awards
Pencapaian Cemerlang dalam Rancangan Kanak-kanak (2002)
Indonesian Kids Choice Awards
Kartun Terbaik (2008, 2009, 2010, 2011)

Keluaran media

Episode

Musim Episode Tanggal mulai musim Tanggal akhir musim Pelepasan DVD
Wilayah 1 Wilayah 2 Wilayah 4

1 20 (41) 1 Mei 1999 8 April 2000 28 Oktober 2003 7 November 2005 30 November 2006

2 20 (39) 26 Oktober 2000 26 Juli 2003 19 Oktober 2004 23 Oktober 2006 30 November 2006

3 20 (37) 5 Oktober 2001 11 Oktober 2004 27 September 2005 3 Desember 2007 8 November 2007

4 20 (38) 6 Mei 2005 24 Juli 2007 12 September 2006 3 November 2008 7 November 2008
9 Januari 2007

5 20 (41) 19 Februari 2007 19 Juli 2009 4 September 2007 16 November 2009 2 Desember 2009
18 November 2008

6 26 (47) 3 Maret 2008 5 Juli 2010 8 December 2009
7 Desember 2010

7 26 (50) 19 Juli 2009

8 26 26 Maret 2011

9 26

Film

Film TV

Tayangan singkat

  • Astrology With Squidward (Astrologi Bersama Squidward)
  • Patrick the Snowman (Patrick si Manusia Salju)
  • Plankton's Holiday Hits (Hit Liburan Plankton)
  • How The You-Know-Who Stole You-Know-What! (Bagaimana Kamu-Tahu-Siapa Yang Mencuri Kau-Tahu-Mengapa!)
  • 12 Days of Nickmas (12 hari dari Nickmas)
  • The Endless Summer[5] (Musim Panas yang Tidak Ada Habisnya)
  • A Random Act of SpongeBob (Aksi Acak dari SpongeBob)

Musik

Lagu tema

Lagu / musik lain

  • Lagu-lagu lain biasanya dinyanyikan oleh karakter-karakter di seri. Seperti lagu "Sweet Victory" (Super Band Bikini Bottom), "Twinkle, Twinkle, Patrick Star" (Patrick), dll.
  • Beberapa lagu dinyanyikan oleh orang yang jarang muncul dan suaranya yang biasanya muncul. Seperti lagu "Loop dee Loop!" (Ween), "That's What Friend Do" (Chris von Sneidern), dll.

Galleri

Referensi

  1. ^ a b Wiese, Erik. komentar tentang SpongeBob SquarePants pada musim 2 DVD untuk episode berjudul "Something Smells" DVD. Paramount Home Entertainment.
  2. ^ Brantley, Mike (2008-05-13). "Seorang animator Disney melihat musim panas di Mobile sesuai dengan inspirasi". Al.com. Diakses pada 29 Juli 2009.
  3. ^ Farhat, Basima (Wawancara). Tom Kenny: Sang Pengisi Suara SpongeBob SquarePants - Wawancara (mp3) [[Radio production]]. Berbicara di Radio. Retrieved on 2008-11-08.
  4. ^ Matthew D. Pascoe (January 4, 2011). "Renewed: Spongebob Squarepants". YTN - Youth Television News. Diakses pada 4 Januari 2011.
  5. ^ "www.stopglobalwarming.org/sgw_feature.asp?id=8". Diakses pada 22 Januari 2007.

0 komentar:

Posting Komentar